Puasa Weton, Manfaat Dan Tata Caranya

2780
puasa weton

Puasa Weton – Bagi orang yang tinggal di tanah Jawa tentunya ritual puasa weton ini tidak asing di telinga karena hingga saat inipun masih ada beberapa orang yang melaksanakannya. Bahkan pelaksanaan puasa weton ini sering disalah artikan sebagai upaya keprihatinan yang dilakukan sebagai bentuk syarat untuk mendapatkan sesuatu yang bersifat duniawi semata.

Lalu Apa itu puasa weton? Puasa weton adalah puasa yang dilakukan pada hari kelahiran seseorang. Weton sendiri adalah perayaan hari kelahiran berdasarkan hitungan hari dalam kalender Jawa. Puasa weton memiliki tujuan yang berbeda-beda. Tergantung dari niat dan tujuan dari yang melakukannya. Puasa weton ini bisa digunakan untuk berbagai macam hajad, seperti untuk keselamatan, kerejekian, pengasihan, kesaktian dan masih banyak yang lainnya.

Dalam ajaran islam, puasa hari kelahiran atau puasa weton ini memang tidak ada. Jenis puasa weton ini merupakan tradisi masyarakat kejawen pada masa lampau yang sekarang juga masih ada banyak orang yang menjalankannya. Meskipun tidak diajarkan dalam agama islam, Perlu dipahami bahwa puasa weton ini hendaklah dilakukan semata-mata niat hanya untuk beribadah kepada Tuhan. Jangan diatkan karena adanya tradisi yang dilakukan zaman dahulu.


Baca Juga :


Macam-Macam Puasa Weton

Wetonan ada beberapa macam, yaitu:

  1. Wetonan sehari penuh

Artinya, puasa dijalankan selama sehari semalam (24 jam). Ini merupakan jenis wetonan yang paling banyak dijalankan. Misalnya si pelaku lahir pada hari Senin Wage, maka setiap Senin Wage itulah ia berpuasa. Dimulai dari hari sebelumnya dan berakhir pada hari Senin Wage tersebut.

  1. Wetonan tiga hari

Puasanya dilakukan selama tiga hari, dengan hari kelahirannya terjepit di tengah. Jadi dilakukan sehari sebelumnya, pada hari kelahiran dan ditambah satu hari lagi sebagai penutup. Perlu dicatat bahwa namanya puasa ngebleng itu tidak kenal istilah buka dan sahur tiap hari. Jadi bila puasa tiga hari, maka sepanjang tiga hari itulah ia tidak makan ataupun minum.

  1. Wetonan tiga hari, diulang tujuh kali

Puasanya tiga hari, tetapi dilakukan setiap bulan (setiap siklus) selama tujuh bulan berturut-turut. Jenis puasa ini biasanya dilakukan bila ada hajat atau keinginan jangka panjang yang benar-benar ingin diwujudkan. Sebagai penutupnya, diadakan ritual sesaji atau syukuran.

Manfaat Puasa Weton.

Secara tradisional, orang biasanya melakoni puasa weton agar hajatnya lekas terkabul. Tetapi selain itu, di jaman dulu orang juga melakukan wetonan dengan tujuan untuk mendekatkan hubungan pribadinya dengan roh leluhur. Agar kuat sukmanya, selalu peka terhadap isyarat Tuhan dan diberi keberkahan hidup secara keseluruhan. Selain manfaat tersebut puasa weton juga memiliki serangkain manfaat dibawah ini.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Sudah banyak orang yang mengkaji tentang ini. Terbukti bahwa orang yang suka berpuasa, akan mempunyai tubuh yang kebal terhadap penyakit. Puasa itu sendiri tidak sebatas menahan lapar bahkan perpindahan waktu makan semata. Namun mekanisme pencernaan tubuh juga dapat beristirahat sehingga lambung tidak berkerja secara terus menerus. Tentunya hal ini akan membuat kesehata tubuh menjadi lebih baik karena selama sistem pencernaan beristirahat maka organ tubuh lainnya pun akan mengalami jeda istirahat.

  1. Menguatkan Mental Seseorang

Seseorang yang sering melakukan puasa, sebenarnya akan mempunyai pemikiran yang lebih matang dan dalam dibandingkan  orang yang sangat jarang berpuasa. Hal ini karena kondisi mental dan pikiran kita ketika berpuasa akan mengalami penurunan emosi yang signifikan sehingga kita cenderung mampu menyelesaikan permasalahan dengan pemikiran yang lebih tenang.

  1. Meningkatkan Kepekaan Batin

Selain itu, puasa tidak terbatas pada peningkatan kesehatan secara fisik semata namun secara umum, puasa weton ini juga sangat baik bagi mental dan pikiran seseorang.

Namun manfaat yang bersifat magis seperti pernyataan bahwa puasa merupakan upaya magis untuk mendekatkan diri pada hal-hal yang tidak bisa dijangkau dengan logika adalah salah satu argumen yang tidak sepenuhnya benar. Lebih tepatnya, puasa adalah suatu kegiatan yang dapat menjadikan seseorang mempunyai kepekaan lebih dalam terhadap makhluk-makhluk yang ada di muka bumi.

  1. Mewujudkan Berbagai Macam Hajat

Puasa menurut saya adalah upaya kita mengucapkan syukur dan upaya kita bermunajat kepada sang pencipta Allah SWT. Dan, Allah akan mengabulkan apapun yang di minta hambanya. Nah, dengan cara puasa weton yang Anda lakukan ini. Anda akan mempercepat apa yang Anda inginkan tersebut.


Baca Juga :

Tata Cara Dan Niat Puasa Weton

Berikut ini cara umum melakukan puasa weton, semoga dengan mengikuti langkah-langkah ini, anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan.

  • Bangun pagi sekitar jam 3, segeralah cuci muka dan ucapkan niat. “Ingsun pasa ngapit kelahiran kelawan tulung dina telung bengi tanpo ti pati mangan lan ngumbe yen durung kasedya apa sing dadi kasedyaku” Atau bisa Anda ganti sesuai hajat Anda.
  • Contohnya seperti ini  “Aku berniat puasa weton dari fajar sampai petang untuk mendapatkan (sebutkan hajat) karena allah subhanahu wata’ala”. Kemudian sahurlah
  • Segeralah sholat sunnah 2 rakaat sebelum adzan subuh berkumandang
  • Sering-seringlah ambil air untuk berwudlu, jika anda merasa batal maka berwudlu lagi.
  • Dengan begitu, insya allah Anda akan mendapatkan keberkahan dan hajat anda akan segera terkabul.
  • Seusai berpuasa, berdoalah kembali. Iringi dengan ucapan syukur karena telah diberi kekuatan untuk menyelesaikan puasa tersebut.
  • Untuk penutupan puasa, mandilah dengan kembang tujuh rupa atau kembang setaman. Mandinya dengan cara diguyur dari kepala hingga kaki.
  • Hidangkan makanan berupa tujuh macam jajan pasar ketika berbuka. Siapkan pula bubur merah putih.

Itulah salah satu tuntunan tata cara, pengertian dan manfaat dari puasa weton. Semoga bermanfaat dan berkah.

3,154 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini