Puasa Pati Geni, Manfaat Dan Tata Caranya Lengkap

11822
puasa pati geni

Puasa Pati Geni – Di Jawa memang sangat terkenal dengan ilmu mistisnya. Banyak sekali tradisi dan budaya yang sudah mengakar di masyarakat, termasuk tradisi puasa ini. Dijawa banyak sekali amalan puasa kejawen yang biasa di pelajari, diantaranya pusa mutih, puasa ngebleng, puasa ngrowot, puasa pati geni, dan masih banyak puasa yang lainnya.

Puasa-puasa tersebut termasuk puasa pati geni ini dilakukan orang-orang terdahulu tujuannya berbeda-beda namun memiliki kerangka tujuan besar yang sama, yaitu untuk kesaktian sebuah ilmu. Orang-orang jawa terdahulu mampu tirakat berat dalam menjalani senuah ilmu kanuragan. Makanya tidak heran jika pada zaman dahulu kakek nenek moyang kita banyak yang sakti, banyak orang yang bisa terbang dan bisa menghilang secara tiba-tiba.

Di era sekarang sudah jarang orang yang melakukan puasa pati geni, karena puasa ini tergolong puasa yang berat. Tidak semua orang mampu menjalankan puasa ini. Lantas apa itu sebenarnya puasa pati geni? berikut beberapa pengertian mengenai puasa pati geni yang dikumpulkan dari berbagai sumber.


Baca Juga :


Secara bahasa istilah ‘pati geni’ berarti mematikan api. Inti dari tirakat atau puasa Pati Geni adalah mematikan api nafsu di dalam diri seseorang, mematikan niat buruk seseorang. Caranya adalah dengan menghentikan segala aktifitas sehari-hari, termasuk makan, minum dan tidur. Jadi bisa disimpulkan abhwa puasa pati geni adalah puasa dimana kita menjalani puasa kejawen dengan tidak makan dan minum sama sekali. Tidak diperbolehkan keluar dari kamar dan tidur. Puasa pati geni biasa dilakukan selama satu hari penuh dan Segala keperluan akan dilakukan dalam satu ruangan tertutup, termasuk buang hajat dan lainnya.

pengasihan

Selain menghentikan semua aktifitas yang biasanya dilakukan, pelaku tirakat Pati Geni juga banyak yang bilang tidak boleh terkena cahaya sedikitpun selama tirakatnya berjalan. Hanya boleh berdiam di dalam ruangan yang gelap gulita, bahkan untuk buang air kecil pun tidak boleh keluar dari sana.

Berapa Lama Puasa Pati Geni Dilakukan?

Setiap puasa kejawen selalu punya hitungan harinya sendiri. Puasa pati geni biasanya minimal dilakukan selama 3 hari berturut turut. Namun, tentu saja hal itu tidak bisa dijadikan sebagai patokan. Sebab lamanya pati geni juga bisa ditentukan dari seberapa besar hajat yang ingin Anda capai. Semakin besar hajat atau tingkat energi suatu ilmu maka puasa pati geni yang harus Anda lakukan semakin lama.


Baca Juga :


Dan menurut para ahli ilmu kejawen, paling lama pati geni biasanya dilakukan selama 40 hari, tanpa putus. Tentu saja hal tersebut sangat berat dan tidak sembarang orang mampu melakukannya sampai selesai. Tapi kalau melihat manfaat dan hasil daripada ritual pati geni, ya hal tersebut sangat setimpal.

Dan biasanya memang para guru ilmu kejawen atau para ahli metafisik, baru akan menyarankan seseorang untuk melakukan pati geni jika memang urusannya benar benar urgen. Atau hajatnya memang benar benar besar dan mendesak.

Manfaat Puasa Pati Geni

Puasa Pati geni memang dikenal sebagai salah satu jenis laku tirakat yang memiliki banyak sekali manfaat dan kelebihan. Diantaranya yaitu bermanfaat untuk membersihkan jiwa, mensucikan jiwa, menjauhkan dari amarah dan hawa nafsu, membuat pikiran menjadi lebih tenang. Selain itu laku tirakat ini juga memiliki manfaat khusus yakni untuk menguasai berbagai macam ilmu kebatinan.

tulah sebabnya banyak para ahli supranatural atau pun ahli ilmu kejawen seringkali menyarankan seseorang yang ingin memiliki kesaktian yang lebih, harus melakukan tirakat puasa pati geni. Biasanya tirakat Pati Geni hanya saya sarankan untuk mereka yang hajat atau keinginannya memang tidak biasa. Sangat besar, sangat mendesak atau justru sangat aneh.


Baca Juga:


Itulah beberapa manfaat dari puasa pati geni. Satu yang perlu dicatat bila Anda berniat melakoni tirakat Pati Geni, harus benar-benar siap mental maupun fisik. Punya tekat yang kuat dan niat yang kuat. Ada yang pernah billang juga bahwa puasa pati geni ini juga bisa digunakan untk mendapatkan jodoh idaman dengan cepat.

Antara percaya dan tidak sih, tapi memang banyak orang yang melakukan ritual ini untuk mendapatkan jodoh. Katanya sih hasilnya benar-benar ampuh. Tapi, meskipun begitu tidak harus kita juga melakukan cara ini untuk problem yang sama. Jodoh masih bisa diupayakan tanpa harus melibatkan hal-hal yang semacam ini. Namun jika Anda benar-benar ingin mengamalkan puasa ini untuk mendapatkan jodoh, maka Ki Joko Sableng selaku master paranormal Indonesia siap membantu Anda. Kalau memang dirasa berat dan tidak sanggup, maka cukup gunakan sarana peletnya saja berupa mustika pelet jaran goyang atau Keris semar mesem. Kedua itu adalah salah satu pelet legendaris yang Ampuh di tanah jawa ini. Silahkan dibuktikan.

ki joko

12,064 kali dilihat, 24 kali dilihat hari ini