Puasa Ngrowot, Tata Caranya Lengkap

12249
puasa ngrowot

Puasa ngrowot di jalankan sebagaian orang jawa untuk mensukseskan suatu hajat atau cita-cita,agar apa yang menjadi maksud dan tujuan si pelaku di kabulkan oleh sang maha pencipta. Sebenarnya dalam agama islam tidak ada istilah ngrowot atau puasa ngrowot,tetapi para ulama’ salaf dahulu banyak yang menjalankan cara riyadhoh ini. contohnya : imam al ghozaly dan lain sebagainya.

Puasa ngrowot adalah salah satu puasa kejawen yang dilakukan dengan cara tidak mengkonsumsi nasi sebagai kebutuhan pokok seperti biasanya. Seseorang yang sedang menjalani puasa ngrowot dapat mengganti konsumsi nasi dengan ubi-ubian, kentang dan jagung sebagai makanan pokok, tidak boleh memakan nasi ketika sahur maupun berbuka puasa.


Baca Juga :


Seseorang yang menjalani puasa ngrowot hanya akan mengkonsumsi makanan yang telah disebutkan diatas selama seharian penuh. Sedangkan untuk minuman yang di perbolehkan untuk dikonsumsi ketika menjalani puasa ngrowot yakni hanya air putih. Puasa ngrowot ini pada umumnya mempunyai waktu selama 24 jam jadi apabila puasa tersebut dimulai ketika petang maka masa berbukanya juga ketika telah datang petang kembali.

Tata Cara Melakukan Puasa Ngrowot

Secara adat dan tradisi turun temurun, masyarakat yang tinggal di tanah Jawa mempunyai kepercayaan bahwa dengan melakukan tirakat atau keprihatinan maka kita akan memperoleh manfaat sesuai dengan apa yang sedang kita tuju sebelumnya. Dalam melakukan puasa tentunya kita mempunyai tata cara bagaimana puasa ngrowot ini dilakukan.

Puasa adalah salah satu bentuk keprihatinan yang sering dilakukan untuk memperoleh manfaat tertentu bagi orang jawa. Cara yang paling utama untuk melakukan puasa ngrowot ini adalah dengan mempersiapkan niat yang baik tanpa adanya sifat tamak didalam hatinya. Puasa ini adalah metode keprihatinan yang nantinya bisa membuat seseorang menemukan titik introspeksi diri dan sebagai salah satu syarat dalam mempelajari ilmu tertentu.


Baca Juga:


Selanjutnya yaitu puasa di lakukan selama 24 jam. Ketika melakukan puasanya mulai pagi, maka berbukanya juga di paginya yang akan datang. Sahur dan berbukanya hanya dengan menggunakan umbi-umbian.Cara pengolahan bahan makanan tersebut juga hanya boleh direbus atau dibakar tanpa diberi tambahan garam atau bumbu – bumbu dapur lainnya.

Manfaat puasa ngrowot

Puasa ngrowot ketika dilakukan dengan sungguh-sungguh, dalam artian tidak melanggar pantangan yang sudah dijelaskan diatas, tentunya akan mendatangkan manfaat dan faedah bagi orang tertentu. Upaya menjalani keprihatianan dengan tidak mengkonsumsi nasi ini juga biasa dilakukan oleh para santri yang mulai menghafalkan atau memperdalam kitab – kitab karya ulama salaf. Bahkan puasa ngrowot ini, oleh sebagian pihak dijadikan sebagai salah satu bagian dari rukun belajarberikut beberapa manfaat dari melakukan puasa ngrowot

  • Media instropeksi diri untuk hidup prihatin.
  • Meminimalisir Ketergantungan Terhadap Makhluk
  • Lebih Mensyukuri Segala Ciptaan Tuhan
  • Salah Satu media utama Memperdalam Ilmu Tarekat
  • Upaya Mengendalikan Hawa Nafsu
  • Media pembersihan diri dari sifat iri dengaki dll.

Baca Juga :


Berapa Lama Puasa Ngrowot itu dilakukan?

Dalam penerapannya sendiri puasa ngrowot tidak ada rumus pasti berapa lamanya. Namun pada umumnya ada yang melakukan 1 hari ada juga yang 3 hari, bahkan ada juga yang lebih dari 3 hari. Ketentuan berapa lamanya kadang tergantung dari sesepuh atau guru yang membimbing anda dalam melakukan puasa ngrowot tersebut.

Itulah sedikit penjelasan tentang puasa ngrowot, semoga bermanfaat dan berkah.

12,435 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini