Puasa Ngebleng, Manfaat Dan Tata Caranya

5852
puasa ngebleng

Puasa Ngebleng merupakan salah satu jenis laku tirakat yang dilakukan berdasarkan ajaran kejawen kuno. Puasa ini sebenarnya menggambarkan tentang kesungguhan atau kezuhudan seseorang untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Nah yang paling membedakan antara puasa ngebleng dengan puasa yang lainnya yaitu tentang tata caranya. Karena puasa ngebleng ini sangatlah berbeda dengan yang lainnya.

Puasa ngebleng yaitu puasa yang dilakukan selama sehari semalam, atau 24 jam nonstop tanpa makan dan minum dan tanpa tidur. Selama 24 jam nonstop itu tidak di perbolehkan untuk tidur meskipun dia mengantuk. Tidak hanya itu, beberapa guru kejawen juga memerintahkan orang orang yang sedang menjalankan puasa ngebleng untuk tidak keluar dari kamar. Boleh keluar namun hanya sebentar, yaitu sekedar untuk buang hajat saja.

Adapun makannya yang digunakan untuk berbuka dan sahur yaitu sama kayak puasa pada umumnya, boleh makan apa saja. Tidak ada Batasan yang jelas, yang paling penting adalah tatacara puasanya diatas terebut. Perlu Anda pahami, untuk melakukan puasa tersebut, Anda harus didampingi oleh seorang guru, minimal Anda memiliki guru yang mampu untuk mengarahkan Anda. Sebab yang namanya ilmu supranatural atau hal hal yang berkaitan dengan metafisik jika dipelajari tanpa di dampingi seorang guru, bisa jadi hasilnya akan fatal.


Baca Juga :


Penguasaan kekuatan gaib dalam diri ritualis memang akan terasa lebih cepat dengan melakukan puasa jenis ini. Biasanya ditujukan pada seputaran ilmu yang memiliki sifat untuk kekerasan (kekebalan), pencurian (panglimunan: kesaktian yang dapat membuat orang menghilang dari pandangan), dan lain sebagainya.

Berapa Lama Puasa Nebleng itu dilakukan?

Dalam penerapannya sendiri puasa ngebleng tidak ada rumus pasti berapa lamanya. Namun pada umumnya ada yang melakukan 1 hari ada juga yang 3 hari, bahkan ada juga yang lebih dari 3 hari. Ketentuan berapa lamanya kadang tergantung dari sesepuh atau guru yang membimbing puasa ngebleng tersebut.

Manfaat puasa ngebleng

Puasa Ngebleng memang dikenal sebagai salah satu jenis laku tirakat yang memiliki banyak sekali manfaat dan kelebihan. Diantaranya yaitu bermanfaat untuk membersihkan jiwa, membuat pikiran menjadi lebih tenang, damai dan juga untuk menata hati. Selain itu laku tirakat ini juga memiliki manfaat khusus yakni untuk menguasai berbagai macam ilmu kebatinan.

tulah sebabnya banyak para ahli supranatural atau pun ahli ilmu kejawen seringkali menyarankan seseorang yang ingin memiliki kesaktian yang lebih, harus melakukan tirakat puasa ngebleng.

Niat puasa Ngebleng

Dalam catatan tidak ada niat khusus untuk melakukan puasa ngebleng ini. Semua tergantung dari hajat anda masing-masing dan tergantung dari arahan guru spiritual anda.

6,297 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini