Puasa Mutih, Tata Caranya Lengkap

10198
puasa mutih

Apa itu puasa mutih? Puasa mutih sangat terkenal di pulau Jawa dan telah melegenda sepanjang masa hingga saat ini. Puasa mutih adalah berpuasa dengan sahur dan berbuka hanya dengan memakan yang putih-putih saja yakni berupa nasi putih dan air putih saja. Ya, tanpa lauk-pauk, tanpa sayur, tanpa garam. Puasa mutih lebih dikenal dikalangan orang-orang jawa. Puasa mutih lebih diyakini sebagai upaya dari praktek supranatural untuk mendapatkan ilmu dan kekuatan yang sifatnya ghaib.

Dalam islam sendiri tidak mengenal istilah puasa mutih. Puasa menurut islam sendiri seperti yang diketahui banyak orang dan dilakukan secara wajib oleh umat muslim di dunia yaitu puasa ramadhan. Di sumber ajaran seperti Alquran dan hadist pun tidak di jumpai keterangan mengenai puasa mutih.

Puasa mutih sendiri berasal dari kepercayaan jawa. Dilakukan sebagai salah satu metode spiritual untuk membersihkan energi dan sifat-sifat negatif yang ada di dalam jiwa seseorang. Konsep kejawen yang mendasarinya adalah konsep “menyiksa” tubuh sebelum mati. Alasannya adalah ketika kita menyiksa tubuh maka jiwa akan menjadi kuat. Bagi kalangan kejawen puasa mutih di gunakan sebagai bagian memperkuat jiwa dengan membuat tubuh menderita dengan tidak makan minum selain mutih, dan itu harus dilakukan secara ikhlas agar hasilnya benar-benar bisa di dapatkan.


Baca Juga :


Berapa Lama Puasa Mutih itu dilakukan?

Dalam penerapannya sendiri puasa mutih tidak ada rumus pasti berapa lamanya. Namun pada umumnya yang sering dilakukan orang-orang ada 3 jenis berdasarkan waktu lamanya, yaitu puasa mutih selama 3 hari berturut-turut, 21 hari berturut-turut dan bahkan selama 40 hari. Ketentuan berapa lamanya kadang tergantung dari sesepuh atau guru yang membimbing dilakukannya puasa mutih.

Lalu apa saja Manfaat puasa mutih itu?

Manfaat dari puasa mutih ini banyak sekali, Dari segi spiritual metafisik, puasa mempunyai efek yang sangat baik dan besar terhadap tubuh dan pikiran. Puasa dengan cara supranatural mengubah sistem molekul tubuh fisik dan eterik dan menaikkan vibrasi/getarannya sehingga membuat tubuh lebih sensitif terhadap energi/kekuatan supranatural sekaligus mencoba membangkitkan kemampuan indra keenam seseorang. Apabila seseorang telah terbiasa melakukan puasa, getaran tubuh fisik dan eteriknya akan meningkat sehingga seluruh racun,energi negatif dan makhluk eterik negatif yang ada di dalam tubuhnya akan keluar dan tubuhnya akan menjadi bersih.

Dari segi medis mampu membuktikan betapa puasa memberikan efek yang baik bagi tubuh, terutama untuk mengistirahatkan oragan-oragan pencernaan. Intinya adalah ketika seseorang berpuasa dengan ikhlas, maka orang tersebut akan terbersihkan tubuh fisik dan eteriknya dari segala macam kotoran. Berikut beberapa manfaat dari puasa mutih.

  1. Mendapatkan kekuatan supranatural
  2. Untuk kesuksesan sebelum melakukan hajatan besar
  3. Membangkitkan kemampuan indera keenam
  4. Bisa Mendapatkan ilmu kebal
  5. Terhindar dari penyakit guna-guna dan santet

Baca Juga: 


Niat Pusa Mutih

Berikut niat puasa mutih yang banyak dilakukan oleh orang-orang.

“Niat ingsun puasa mutih, supaya putih badanku, putih batinku, putih kaya dening banyu suci karena Allah ta’Ala.”

Itulah penjelasan tentang puasa mutih, silahkan lakukan puasa mutih sesuai dengan hajat anda masing-masing, dengan sungguh. semoga apapn hajad anda dengan puasa mutih ini bisa dikabulkan oleh tuhan YME. Amin.


Baca Juga:


 

10,361 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini