Puasa Daud Dan Keutamaanya

1527
puasa daud

Puasa Daud – Dalam dunia islam banyak sekali jenis puasa sunah. Seperti puasa senin kamis, puasa tarwiyah arofah, puasa daud dan puasa sunah lainnya. Masing-masing mempunyai keutamaan dan manfaat tersendiri termasuk puasa daud ini. Banyak orang yang belum begitu faham akan tata cara dan pengertian dari pusa daud ini. Berikut sedikit kami jabarkan apa itu puasa daud, niat, dan keutamaan puasa daud itu sendiri.

 

Apa Itu Puasa Daud?

Puasa Daud adalah puasa sunnah yang dikerjakan sehari puasa dan sehari tidak, selang seling terus selama jangka waktu tertentu. Seperti yang telah dikatakan oleh Abdullah bin Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda yang artinya :

 “Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.” (HR. Bukhari)”

Hukum melaksanakan puasa daud ini adalah sunnah, yang apabila dikerjakan akan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak mendapat dosa atau tak apa – apa. Puasa sunnah daud hanya dikerjakan oleh orang – orang yang mampu untuk mengerjakannya. Artinya seseorang tidak boleh memaksakan dirinya apabila tidak mampu untuk mengerjakanya.

 

Tata cara pelaksanaan puasa sunnah Daud

Cara melaksanakan puasa daud atau teknis pengerjaanya yaitu dilakukan selang seling dengan sehari menjalankan puasa dan sehari tidak begitu seterusnya sampai jangka waktu yang tidak di tentukan. Puasa sunnah daud ini boleh dilakukan sepanjang tahun, dengan catatan jangan mengerjakan di hari yang di haramkan untuk mengerjakan puasa. Hari yang diharamkan untuk berpuasa, apapun bentuk puasanya itu tidak boleh dilakukan yaitu ada 5 hari. hari raya idul fitri, hari raya idul adha dan pada hari tasyrik (11, 12 , 13 Dzulhijah). Kelima hari tersebut tergolong hari yang diharamkan untuk puasa. Yaitu ketika di tinggalkan mendapatkan pahala ketika dikerjakannya mendapatkan dosa.


Baca Juga :


Niat Puasa Daud

puasa daud

 

Hari yang di larang untuk melakukan Puasa Daud.

Selain kelima hari yang diharamkan puasa, yang sudah di jelaskan diatas, ada juga hari-hari yang perlu di perhatikan ketika menjalankan puasa Daud.

  • Ketika menghadapi puasa Ramadhan. Puasa Ramadhan adalah puasa selama sebulan penuh yang hukumnya wajib, maka seseorang tidak boleh melaksanakan puasa ramadhan dengan cara puasa daud.
  • Ketika Haji . Pada saat haji , wukuf di arafah maka seseorang tidak boleh melaksanakan puasa sekalipun berprinsip pada puasa daud. Karena Rasulullah saw telah memberi contoh bahwa ketika beliau sedang melaksanakan wukuf di arafah , beliau tidak melaksanakan puasa di hari itu .
  • Ketika Bertemu dengan puasa sunnah yang lain. Ini sebenarnya bukan sesuatu yang dilarang, tetapi sesuatu yang di perhatikan. Seseorang yang sedang melakukan puasa daud sedangkan juga ada puasa sunnah yang lain yaitu puasa senin kamis , puasa arafah , puasa asyura dan puasa sunnah yang lain , maka boleh untuk tidak melakukan puasa sunnah tersebut, karena sesungguhnya puasa daud merupakan puasa paling afdal , dan dengan puasa daud itu sudah cukup.

 

Keutamaan Puasa Sunnah Daud

Seperti yang dijelaskan di hadis diatas bahwa Puasa daud memiliki banyak sekali keutamaan yang bisa dirasakan ketika melakukan puasa daud. Banyak beberapa hadis yang menjelaskan akan keutamaan melakukan puasa daud ini ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash berkata bahwa Rasulullah SAW mengatakan padanya:

“Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari)

Riwayat lain dikatakan:

“Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadist di atas dapat disimpulkan beberapa keutamaan puasa sunnah Daud di dalamnya, yakni sebagai berikut.

  • Puasa Daud adalah puasa yang paling disukai Allah SWT
  • Tidak masalah mengerjakan puasa Daud di hari Jum’at / Sabtu
  • Menjalankan hak Allah SWT dan hak badan
  • Tak ada ketaatan yang lebih baik dari puasa dan juga shalat Daud
  • Tidak mengerjakan sesuatu secara berlebihan
  • Bisa lebih memperhatikan ibadah yang lainnya
  • Hanya boleh dijalankan oleh orang yang mampu

 

Hikmah Menjalankan Puassa Daud

Ada banyak hikmah yang akan anda dapatkan jika anda mengerjakan puasa sunnah Daud, diantaranya sebagai berikut.

  • Terhindar dari kemaksiatan
  • Jiwa menjadi lebih tentram
  • Tumbuhnya akhlakul karimah (akhlak yang baik)
  • Selalu berfikir positif, kreatif, dan juga inovatif.
  • Senantiasa menerima pemberian Allah dengan lapang hati
  • Menjadi hamba Allah yang selalu bersyukur
  • Tumbuhnya sifat Hilm (emosi dapat ditahan dengan baik)
  • Mendatangkan rejeki yang tidak anda sangka-sangka
  • Suasana rumah tangga senantiasa harmonis

 

1,534 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini