Manfaat Membaca Sholawat Yang Sangat Dahsyat Diamalkan Setiap Hari

449

Manfaat Membaca Sholawat – Sholawat merupakan bentuk jamak dari kata sholat yang artinya doa. Karenanya ketika seorang muslim membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, berarti sama saja seperti seseorang memohon atau berdoa kepada Allah Subhanahu wata’ala untuk Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam agar selalu dilimpahkan keberkahan dan keselamatan.

Pada dasarnya tujuan membaca sholawat adalah agar di akhirat nanti seorang muslim mendapatkan syafaat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Dalam suatu hadits Rasulullah bersabda:

“Apabila salah satu di antara kamu (manusia) membaca sholawat, sebaiknya diawali dengan mengagungkan nama Allah ta’ala dan memujinya, setelah itu barulah membaca sholawat kepada nabi, setelah itu barulah dapat berdoa sesuai doa yang dinginkan.”
(HR.Ahmad, Abu dawud dan tirmidzi)

Terdapat macam-macam sholawat nabi yang dianjurkan untuk dibaca setiap hari seperti sholawat nariyah, sholawat ibrahimiyah, sholawat munjiyat, sholawat nuril anwar, sholawat badriyah, dan beberapa jenis sholawat lainnya.

Doa nabi merupakan syafaat, dan semua ulama telah sepakat bahwa doa nabi tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Selain itu, ada pula hadist nabi tentang sholawat. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan sholawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada.” (H.R. Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan)

Dalam Alquran surat An Nisa ayat 86, Allah berfirman:

Wa izaa huyyiitum bitahiyyatin fa hayyu bi’ahsana min-haa au rudduhaa, innallaaha kaana ‘alaa kulli syai’in hasiibaa

Artinya:
“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.”

Manfaat membaca sholawat

1. Allah akan membacakan sholawat untuk seorang muslim.

Dalam suatu hadits Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali saja, maka Allah akan membacakan sholawat kepadanya sepuluh kali.” (HR Muslim)

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa ketika sesorang muslim bersholawat untuk nabi, maka Allah akan membalas dengan membacakan sholawat kepada sesorang tersebut sebanyak sepuluh kali.

2. Dibacakan sholawat oleh Rasulullah.

Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa membaca sholawat untukku, maka sholawatnya akan sampai kepadaku, dan aku akan membaca sholawat untuk dirinya. Selain itu akan dituliskan sepuluh kebaikan untuk dirinya.” (HR Thabrani)

3. Para malaikat bersholawat untuknya.

Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa membaca sholawat untukku, maka para malaikat akan senantiasa membaca sholawat untuknya selama orang tersebut membaca sholawat untukku.” (HR Ahmad, Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu Majah).

4. Ditinggikan derajatnya.

Seorang muslim yang senantiasa bersholawat untuk nabi, maka Allah akan meningkatkan derajatnya, ditambah kebaikannya dan dihapuskan pula keburukannya. Seperti dalam suatu hadits, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa membaca sholawat satu kali untukku, maka Allah akan menuliskan sepuluh kebaikan untuknya, menghapuskan sepuluh keburukan darinya, mengangkat sepuluh derajat baginya, dan ia bagaikan (memerdekakan) sepuluh hamba sahaya.” (HR Ibnu Abi Ashim).

5. Mendapat ampunan dosa.

Dengan bersholawat setiap hari, maka seorang muslim akan mendapatkan pengampunan atas dosa-dosa yang ia perbuat secara sengaja ataupun tidak disengaja.

“Wahai Abu Kahil, barang siapa membaca sholawat untukku setiap hari sebanyak tiga kali dan setiap malam sebanyak tiga kali, karena cinta dan rindu kepadaku, maka Allah SWT mewajibkan atas diri-Nya untuk mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari tersebut.” (HR Ibnu Abi Ashim dan Ath-Thabrani).

6. Dijauhkan dari kefakiran.

Dari Al-Hafizh Abu Musa Al Maldini dengan sanadnya dari Sahl bin Sa’ad, ia berkata pada suatu ketika salah seorang sahabat pernah menghadap Rasulullah SAW. Dia mengadu kepada beliau tentang kefakiran yang dideritanya, kesempitan hidup dan kesulitan mata pencahariannya.

Kemudian beliau menasihatinya. “Apabila kamu masuk ke rumahmu, maka ucapkanlah salam, baik di dalamnya ada orang atau tidak. Lalu ucapkanlah salam untukku dan bacalah ‘Qul huwallaahu ahad’ satu kali.”

7. Memperoleh keberkahan.

Keberkahan akan dilimpahkan oleh Allah kepada seorang muslim yang senantiasa membaca dan mengamalkan sholawat dalam kesehariannya.

“Membaca sholawat untuk Rasulullah akan melimpahkan keberkahan pada orang yang membaca sholawat, anak-anaknya dan cucu-cucunya.” (al-Hadist)

8. Terhindar dari fitnah.

Ketika seorang muslim membaca sholawat sebanyak 1.000 kali maka ia akan dihindarkan dari hasutan, gunjingan buruk atau fitnah dari orang-orang yang memiliki pikiran jahat yang di dalam hati mereka dipenuhi rasa iri, dengki dan amarah.

9. Menenangkan pikiran.

Seorang muslim yang gemar bersholawat maka akan mendapatkan ketenangan pikiran dan hati, terutama ketika sedang menghadapi suatu masalah.

10. Mendapatkan pertolongan serta keselamatan dari Allah.

Dengan membaca sholawat setelah melaksanakan sholat dan membaca sholawat sebanyak-banyaknya di berbagai kesempatan, maka seorang muslim akan mendapatkan pertolongan dari Allah di saat kesusahan, dan akan diberikan keselamatan oleh Allah terhadap bencana alam atau bencana lain yang dihasilkan dari perbuatan jahat manusia.

 

sumber: brilio.net

 3,044 total views,  23 views today